Anugerah terindah berupa nikmat

Subhanallah,.. Itulah kata-kata pertama kali aku ucapkan ketika melihat salah satu ciptaan Allah yang telah diberikan kepadaku,.. Tidaklah aku ingkari, aku tidak bisa berkata apa-apa ketika melihat kemilau ciptaan Allah.

Dengan peristiwa itulah bisa diambil hikmahnya, bahwa setiap orang haruslah banyak-banyak mengucapkan syukur kepada Allah atas segala nikamt yang telah diberikan kepada kita.  Tetapi mengapa masih banyak manusia yang lalai tuk mengucapkan syukur kepada Allah ketika mendapatkan nikmat apapun itu bentuknya. Nikmat sendiri yang diberikan Allah kepada hambaNya pada dasarnya terbagi 4 :

  • Pertama, yang bermanfaat di dunia dan di akhirat, seperti ilmu dan akhlak. Ini adalah nikmat yang hakiki.
  • Kedua, yang mudharat di dunia dan diakhirat. Ini disebut bencana yang hakiki.
  • Ketiga, yang bermanfaat ketika itu dan mudharat di masa yang akan datang, seperti bersenang-senang dan memperturutkan hawa nafsu. Ini merupakan bencana bagi orang-orang berilmu tetapi nikmat bagi orang-orang bodoh. Dan
  • Keempat, yang mudharat ketika itu tapi bermanfaat di kemudian hari, seperti obat yang sangat pahit tapi membantu kesembuhan. Ini merupakan nikmat bagi orang-orang yang berfikir, tapi bencana bagi orang-orang bodoh. (Ibnu Qudamah dalam Minhhajul Qashidin)

Dari semua nikmat yang diberikan Allah, nikmat Islam adalah yang paling agung. Karena, Islam bukan hanya menuntun manusia pada jalan keselamatan ukhrowi, tapi juga membawa rahmatan lilalamin. Tatacara kehidupan manusia diatur sedemikian rupa, dari yang paling berat sampai urusan makan dan membasuh tangan. Islam juga memberikan pandangan yang berbeda terhadap kehidupan manusia, bahwa kehidupan ini tidak lagi hanya soal mencari makan. Dan manusia seharusnya membedakan dirinya dari hewan ternak yang dipelihara untuk bekerja.

Sekali lagi, kita wajib bersyukur atas segala nikmat yang telah dianugerahkan Allah dengan cara taat dan takut. Taat menjalankan segala perintah-Nya dan takut menerjang segala larangan-Nya. Meskipun pada hakikatnya kita bisa bersyukur itu adalah sesuatu yang harus kita syukuri pula.

Semoga bermanfaat !!!

Salam13

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s