Angan-angan boleh, asal…?

وقالوا لن يدخل الجنة إلا من كان هودا او نصارى   تلك اما نيّهم   قل هاتوا برهانكم إن كنتم صادقين

“Dan mereka (yahudi dan nasrani) berkata: Sekali-kali tidak akan masuk surga kecuali orang-orang (yang beragama) Yahudi atau Nasrani. Demikian itu (hanya) sebuah angan-angan mereka yang kosong belaka. Katakanlah:Tunjukkanlah bukti kebenaranmu jika kamu adalah orang yang benar”. (Q.S Al Baqarah :111)

Dari ayat diatas bisa diambil kesimpulan bahwa, setiap angan-angan yang kita inginkan, ingin kita capai janganlah sampai kelewat batas, dalam artian segala sesuatu yang kita angan-angankan jangan sampai mustahil akan kemunculannya. Anggap saja angan-angan adalah sebuah keinginan yang harus kita dapatkan atau capai, dengan begitu angan-angan kita akan bisa kita capai walaupun jalan yang dilalui untuk mewujudkan tidaklah mudah.

برهانكم adalah lafadz yang menyerukan untuk membuktikan kebenarannya, Artinya angan-angan tidak akan terwujud jika tidak ada bukti atau usaha yang mengarah kepada perwujudan sebuah angan-angan itu sendiri. Untuk itu setiap keinginan / angan-angan yang sedang kita pikirkan haruslah didasari dengan pikiran bahwa nantinya kita bisa membuktikan bahwa “itu” akan terwujud.

Banyak sekali orang yang sering berangan-angan dengan ini, itu tetapi ujung-ujungnya mungkin gak ya? itulah yang terlontar. Tanpa disadari bahwa orang tersebut “hanya” sedang berandai-andai karena dia sendiri belum yakin bisa membuktikan. Boleh-boleh saja kita berangan-angan, tetapi jangan sampai angan-angan kita kelewat batas tanpa bisa membuktikan, mendingan kita bercita-cita sedikit demi sedikit tetapi terbukti (sithik-sithik seng penting klakon).

Semoga bermanfaat !!!

Salam13

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s